Apa kabar, nama saya Reyhan Firdaus....saya adalah kontributor baru untuk Shogun Magazine :)
Saya akan mencoba menulis tentang salah satu motor legendaris dari Suzuki, FX-125 Cyber Sports
FX 125... Salah satu produk andalan Suzuki Lion Malaysia di kelas mediocre sport cub, menyaingi Yamaha 125Z
Bisa dibilang ini salah satu bukti bahwa Suzuki memang salah satu pelopor Inovasi.
Disaat pabrikan lain masih mengandalkan 2-stroke dalam produk high end-nya, Suzuki sudah memulai membuat enjin 4-tak High Performance di tahun 2001 (tahun peluncuran FX-125)
Kita lihat spesifikasi-nya :
Overall Length: 1 955 mm (77.0 in)
Overall Width: 680 mm (26.8 in)
Overall Height: 1 080 mm (42.5 in)
Seat Height: 7760 mm (29.9 in)
Ground Clearance: 145 mm (5.7 in)
Wheelbase: 1 275 mm (50.2 in)
Dry Weight: 104 kg (229 lbs)
Engine type: Oil-cooled 124,5 cc single cylinder, DOHC, 4 valves.
Overall Width: 680 mm (26.8 in)
Overall Height: 1 080 mm (42.5 in)
Seat Height: 7760 mm (29.9 in)
Ground Clearance: 145 mm (5.7 in)
Wheelbase: 1 275 mm (50.2 in)
Dry Weight: 104 kg (229 lbs)
Engine type: Oil-cooled 124,5 cc single cylinder, DOHC, 4 valves.
Lihat, tipe enjinnya sendiri sudah menggiurkan bukan?
Mesin Berdiri, Dual Kem, Oil Cooler + TSCC (twin swirl combustion chamber) khas Suzuki tentunya...
Setelah 3 tahun masa produksi, FX-125 digantikan oleh Suzuki Raider FU-125, dan jika kita menilik model mesinnya, Suzuki Satria FU-150 juga masih memakai basis mesin FX-125
Mantap bukan?
Bayangkan jika Tim-tim Road Race menggunakan FX-125 di kelas MP1....
Hell yeah!!!
Di Malaysia sendiri, Suzuki FX-125 merupakan "Cult Bike"....karena sejarah, rareness, serta ketangguhan mesin & sasis-nya... serta dianggap lebih bagus spek-nya dibanding Yamaha Spark 135.
Bayangkan! Motor produksi 2001 masih lebih baik dibanding motor-motor baru!
Memang.... Suzuki merupakan pelopor inovasi :)
Sumber :
http://www.suzukicycles.org/FX-FXR-series/FX125.shtml
http://www.otosaigon.com/forum/Suzuki-FX-125-m924403.aspx
pertamax gan, kayanya suzuki memang leader, tapi leader juga pelitnya masalah iklah, hahahahaha
BalasHapusso do the best for suzuki
SP Bumble Bee
Mungkin ini masalah klasik Suzuki...
BalasHapusSisi marketing-nya masih kalah dibanding merek Lain....
(kayaknya apal nih yang komen :p)
FX 125 sempat menjadi isu hangat sebelum Shogun SP launching di Indonesia, namun kenyataanya motor yang sudah lebih dahulu beredar di Eropa dan Amerika latin ini malah tak muncul di sini, justru Shogun SP yang lebih dahulu keluar.
BalasHapusMungkin karena Suzuki melihat kondisi Raider 125 kali ya?
BalasHapusProduk bagus yang kurang laku....bahkan cenderung terlupakan
Makanya Suzuki Indonesia lebih memilih mengambil Best 125 Pro saja :)