IBX5A6A7EDC370A1

Anouncement

Site in dalam masa pembangunan ulang, agar memudahkan dan berguna bagi para shoguners.
Admin-Birkov


Sejarah Suzuki Shogun

Shogun adalah istilah bahasa Jepang yang berarti Jenderal. Dalam konteks sejarah Jepang, bila disebut pejabat shogun maka yang dimaksudkan adalah Sei-i Taishogun yang berarti Panglima Tertinggi Pasukan Ekspedisi melawan Orang Biadab (istilah "Taishogun" berarti panglima angkatan bersenjata), dapat disimak pada http://id.wikipedia.org/wiki/Shogun.


Tentu saja ATPM Suzuki Indonesia tidak asal memberi nama pada produk sepeda motor bebek 110 cc, 4 tak pertamanya kala itu (1995) dengan nama Shogun. Kesan yang diambil adalah sifat ksatria seorang Jendral yang bertempur pantang menyerah dan tangguh di medan peperangan.

Dalam memperkenalkan produk ini pun Shogun mempunyai jurus khusus dibandingkan merek lain. PT IMNI selalu membuat atau menggelar Suzuki Jelajah Negeri. Ajang ini selalu merupakan pembuktian ketangguhan Shogun. “Ini membuktikan ketangguhan Shogun serta keunggulan lainnya,” ujar Subronto Laras, Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki International saat akhir perjalanan SJN III yang menempuh jarak 20.000 km.

Periode Awal  1995-1997
Shogun yang pertama muncul dengan kode FD110. Saat pertama kali diluncurkan masih menggunakan teromol pada sistem pengereman. Model lampu utamanya masih seperti Suzuki Tornado yang seperti robot. Kotak dan gembung. Bodi masih seperti Tornado 110 yang serba gemuk. Dianggap sebagai pelopor motor bebek 4-tak dengan bodi aerodinamis. Ketika itu motor bebek lain masih berkutat dengan bodi kaku dan kalau sebutannya jaman sekarang dibilang cupu alias culun punya.

Generasi pertama ini punya CDI yang banyak dilacak mekanik balap. Katanya non limiter dan tahan lama. Pada metarial kruk as yang lebih kuat dan lebih balance. Batang klepnya yang kuat, juga menjadi incaran mekanik. Komponen lain yang diakui ketangguhannya adalah rantai keteng dan kampas kopling yang awet .

Bahkan di beberapa mall di Jakarta ada parkiran khusus shogun karena CDI sering di curi.



Periode 1997-1999
Akselerasi dan top-speed Shogun 110 tidak diragukan di zamannya untuk ukuran bebek 4-tak. Maklum ketika itu kapasitas silinder paling besar. Jika masih mengandalkan rem depan teromol, sama saja harus jalan pelan. Buat apa mesin canggih tapi larinya seperti siput.

Ketika itu Suzuki coba memenuhi kemauan pasar. Maka diluncurkanlah Shogun 110 yang dilengkapi rem cakram. Mengambil teknologi rem dari kepunyaan Suzuki Tornado GS110 yang sudah cakram.

Mesin mengalami perubahan. Terutama pada kruk as. Jika ditimbang lebih berat sedikit dibanding generasi sebelumnya, yaitu 2,25 kg. Oleh mekanik balap kerap dijadikan pilihan kedua bila versi pertama tidak ada.

NEW SHOGUN 110 DARI 2000-2003
Sejak awal Shogun 110 muncul di pasaran tanah air indonesia penjualan laku berat di pasaran, bikin kaget pabrikan Honda dan kemudian memproduksi Supra X sejak 1997 akhir. Bodi Supra lebih singset dan tidak bergetar bikin konsumen kepincut. Itu yang bikin pabrikan Suzuki merevisi ulang tampilan Shogun lama yang endut.

Akhirnya pada 2000 muncul New Shogun FD110 yang lebih seksi. Bodi ramping dan lampu sipit menjanjikan berkendara yang lebih ringan. Namun waktu itu, menurut bisik-bisik, mesinnya tidak sekuat generasi awal. Namun FD110 merupakan Rajanya Road Race di indonesia selama 5 th dan baru dikalahkan oleh Jupiter Z setelah melakukan berbagai riset oleh Yamaha.

Contohnya pada material kruk as. Lantaran krisis moneter tidak lagi dibuat di Jepang. Tapi dibikin di Thailand. Makanya materialnya kurang bagus.... Bobotnya paling berat yaitu 2,35 kg ditujukan untuk enteng di tanjakan.

Periode 2003 SHOGUN 125

Tahun 2003 pabrikan Suzuki memproduksi New Shogun 125. Yang direncanakan menggantikan Shogun FD110 yang meluncur awal 2004. Di awali dengan acara Shogun 125 Jelajah negeri yang merupakan event pertama Sebuah ATPM melakukan keliling Indonesia untuk melakukan tesride pada produknya. Selain itu di persiapkan untuk bertempur di pasar bebek kelas 125.
Sudah menggunakan engine balancer. Maklum ketika itu sudah ada Honda Karisma yang lebih dulu Muncul. Sementara di kelas 110 cc kehebatan Shogun 110 digantikan  Smash 110.

Tapi, banyak yang bilang begitu pindah jadi 125 cc malah keunggulan tadi hilang. Pasar Shogun 110 yang lagi naik daun malah jadi kehilangan arah. Akhirnya konsumen yang punya duit seharga Shogun 110 membeli Jupiter-Z. Tidak mau beli Smash yang dianggap sebagai kelas pahe. Sementara jika beli Shogun 125, duitnya masih kurang. Namun sebenarnya memang pihak suzuki memenuhi permintaan pasar yang menginginkan motor dengan sparepart yang lebih murah, yaa dampaknya kualitas pasti menurun.

Periode 2006 SHOGUN 125 SP
Melihat rasa kangennya para kaula muda akan speed shogun fd 110, pihak suzuki memproduksi shogun khusus tipe sport keluaran pabrik. Suzuki Shogun 125 SP yang artinya Sport Production. Sudah menggunakan kopling manual dan posisi persneling seperti motor laki.

Motor bebek pertama yang sistem pengeremannya mengadopsi double disc, depan-belakang menggunakan sistem cakram hidrolik. Begitupun peleknya sudah model palang. Jelas tidak perlu modif lagi.


SHOGUN FL125, SP, NR, dan FI
Masuk pertengahan 2007, Shogun 125 ganti baju dan mesin. Ada beberapa perbaikan yang signifikan pada sektor mesin, dan engine balancer turut diperbaiki agar lebih mampu meredam getaran.

FL 125 juga dipuji dari segi bentuk atau desain. Untuk keperluan balap, Shogun FL 125 paling enak dibawa dibandingkan produksi sebelumnya. padahal ini tipe yang diperkirakan akan masuk sebagai Shogun 125 genrasi awal mengingat Shogun FL 125 lebih dulu beredar di eropa dan amerika latin.

Turunan teranyar dari sang jenderal ini adalah New Shogun 125 Hyper Injection FI. Arah teknologi yang menuju lebih irit dan ramah lingkungan lewat teknolgi injeksi rupanya juga direspon oleh Suzuki.

Suzuki Shogun FL 125 juga menjadi salah satu sepeda motor resmi yang digunakan para pembalap di arena Pekan Olah Raga Nasional XVII, di Samarinda, Kalimantan Timur, cabang balap motor pada kelas 125 cc. Berlangsung pada 10 -13 Juli 2008 di Sirkuit Kalan. Sirkuit dengan panjang 1,2 km dan lebar 10 meter itu terletak di kompleks olahraga Palaran yang juga menjadi lokasi Stadion Utama Kaltim. Demikian hasil Edit dari beberapa link yang menuliskan sejarah shogun.

3 komentar:

  1. Trimakasih infox saudara..info dari anda sangat membanatu... cz bangsa yg besar gkan melupakan sejarahx.. walopun cuma motor tp bermanfaat

    BalasHapus
  2. monggo bergabung n share https://www.facebook.com/groups/RGRCPasuruan/ silaturahmi tambah saudara senusa bangsa indonesia

    BalasHapus
  3. BolaVita Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola LIVE Judi Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.

    Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..

    sabung ayam online

    sajian link bolavita terbaru

    1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/3906630-50-link-alternatif-terbaru-sbobet-2017-2018-di-bolavita

    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 10%
    -Bonus CashBack Hingga 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Line : bolavita
    WA : +6281377055002
    BBM : D1A1E6DF | BOLAVITA

    BalasHapus