IBX5A6A7EDC370A1

Anouncement

Site in dalam masa pembangunan ulang, agar memudahkan dan berguna bagi para shoguners.
Admin-Birkov


OIL COOLER FU DI SEMUA SHOGUN series & SMASH series






A. JALUR MASUK
Jalur masuk oli diambil dari baut tekanan oli yg ada di blok kanan smash/shogun, baut nya 12n (M8x1,5)
biar bisa dikash selang,,sistem nya kaya selang pada kaliper cakram motor, beli baut 12 yg udah ada ring nya langsung(bukan ring yg bisa dilepas),
belinya yg panjangnya kaya baut nepel ckram(LIAT FOTO) trus dibor dibuat kaya baut nepel(suruh aja tkang bubut buatnya & dikash contoh baut nepel ckramnya biar gak bingung) bor pake mata bor ukuran 3/4 mm aja,,
jangan kegedean takut bautnya gampang patah,

,kok gak pake baut nepel cakram saja,karna ulir baut nepel bkram beda,,ulirnya lebih halus
Selangnya pake selang ckram blakang supra biar agak panjang(pas),kalo ckram blakang fu terlalu pendek,kalo selang ckram depan terlalu panjang
Kalo punya saya biar tampilan lebih kece berwarna gaul keren dsb(gaboleh sombong,dosa ;D )selang tak ganti selang kompresor biar awet gak mudah sobek kena klem,
Selang ckram cuma diambil ujung nya saja( yg bisa dimasukin baut nepelnya) sampai pipa kecilnya (buat masuknya selang kompresor) trus diklem

Ingat wktu masang selang ke lubang oli diblok kanan ,dikash ring tembaga/kuningan (LIAT FOTO) biar oli gak bocor(kaya pemasangan nepel ckram)
Selang tadi dimasukin ke lubang di oil coler(salah satu saja,kalo dua"nya tar gak bisa sirkulasi ;D ,trus kanan ato kiri?? Kanan saja,karna selang masuk ada dikanan(biar ringkas) ,ditaroh yg kiri juga boleh .

Trus pasangnya selang kelubang oilcoler gmana??
Bentar ini lg dijelasin,,
Lubang oil coler ulirnya halus banget,,ulir yg cocol ya baut bwaan oil coler,
Belinya susah om,sabar,buat sendiri juga bisa
Pake baut roda mobil(ditoko baut ada,jangan diapotek ;D )
Pake busi juga bisa(ulirnya sama,asal busi yg gde(ktanya sih busi disel pompa air yg disawah itu)
Kalo saya pake baut roda,baut roda yg dket dikepala baut kan gak ada ulirnya,itu dibubut biar bisa masuk di lubang oil coler sampe mentok biar gak bocor n ingat dikasih ring tembaga ya(ditoko onderdil mtor/mobil ada kok)
,trus di bor n yg lubang bor bagian luar di buat ulir baut 12n,
Nah sekarang beli baut 12n panjangnya kira" sama kya baut nepel tadi,panjangan dkikit gapapa,trus baut 12n tadi dibor tembus y gan,Biar oli dapat bersirkulasi,
Nah,,buatnya baut roda dan baut 12n ini masing" 2 ya,karna lubang oil coler kan ada 2,
Masih bingung???(LIAT FOTO)
Baut 12 yg dibor tembus tadi di masukkan ke baut roda mobil tadi trus dikencangkan(sebelumnya dikash plastiksteel y guys biar gak bocor), Fungsinya apa,buat tempat selang kompresor tadi,
Nah,setelah kencang baru deh kepala baut 12n nya dipotong biar selang bisa masuk,trus selangnya diklem biar rapet

B. JALUR KELUAR
Baut jalur keluar dari oil coler kan udah dibuat,(diatas)
,nah,selangnya kita kemanain???
Selang ini kita lewatkan ke tutup klep atas,biar oli dinginnya bisa melumasi mekanisme katup n mendinginkannya,
Yg eman/gak rela/takut gagal/dll beli tutup klep baru,murah kok gak nyampe 50ribu,murah lagi kalo brani pake yg bwaan mtor ;D
Cari pentil ban mtor yg masih bagus,(yg bannya dah gak kepake aja,kalo mau beli baru y silahkan,gakda yg larang,,haha)
Ambil pentil n baut nya aja,
Bor tutup klep tadi sebesar pentil ban trus dipasang n dibaut,jangan lupa dikasih seal ya biar gak bcor olinya,
kalo gakda seal y pake ban bekas dgunting dibuat kaya seal,buat nya 2 biji,,buat luar n dalam baru deh dikencangkan
Nah,,selang dari oil coler tadi dimasukkan kepentil tadi trus di klem
ingat,olinya dtambah 200ml ya atau jadi 1000ml
Maap ya,tutornya acak"an ;D

Penulis :
Yusuf Rosyid

9 komentar:

  1. setelah sebulan pengaplikasian gimana efek plus minus_nya gan,,???

    BalasHapus
  2. kok lubang keluar nya (masuk) melalui tutup klep gan ?
    kalo ngeliat standar nya bukannya keluar oli dari blok kanan masuk nya dari blok kiri,, ( kalo liat pipa nepel standar motor )

    apa pompa oli standar shogun mampu memompa oli sampai oil cooler ?

    mohon info nya gan, thx

    BalasHapus
  3. kok lubang keluar nya (masuk) melalui tutup klep gan ?
    kalo ngeliat standar nya bukannya keluar oli dari blok kanan masuk nya dari blok kiri,, ( kalo liat pipa nepel standar motor )

    apa pompa oli standar shogun mampu memompa oli sampai oil cooler ?

    mohon info nya gan, thx

    BalasHapus
  4. Maaf untuk system seperti itu tidak maksimal atau mubazir, aliran oli masih mengalir melalui system saluran oli yg di dalam mesin menuju ke blok silinder dan head jadi percuma oil coolernya,, dan aliran oli yg ke crank shaft juga terhambat karena baut nipel 12 itu,, efeknya turun mesin lhoo,, seharusnya ambil jalur oli dari bawah setelah pompa oli, dstu ada baut yg bisa di buka dan langsung ke system pelumasan

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Dgn sistem gini, oli ke header ngalir gk? Kan olinya langsung ke oil cooler

    BalasHapus
  7. As stated by Stanford Medical, It's in fact the ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh on average 42 lbs less than us.

    (Just so you know, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING around "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    Tap on this link to uncover if this quick questionnaire can help you unlock your true weight loss potential

    BalasHapus
  8. If you're looking to burn fat then you need to jump on this brand new custom keto meal plan.

    To design this keto diet service, licensed nutritionists, personal trainers, and chefs joined together to develop keto meal plans that are useful, painless, cost-efficient, and delicious.

    From their grand opening in early 2019, hundreds of clients have already remodeled their figure and health with the benefits a certified keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus