IBX5A6A7EDC370A1

Anouncement

Site in dalam masa pembangunan ulang, agar memudahkan dan berguna bagi para shoguners.
Admin-Birkov


Formasi Dalam Riding

Shoguners, Umumnya club motor memiliki live guard yang menggunakan banyak istilah bisa blocker , ada yang sebut paskhas ada yang bilang hansip lah yang jelas pasti tujuannya sebagai pelindung rombongan. sebenarnya hal ini pertama di ambil dari militer yang sejak awal selalu menerap kan guard untuk membawa rombongannya kemudian ke sipil digunakan oleh polisi dan kemudian turun ke club bermotor. 

Namun jarang yang buat team khusus untuk guard dalam satu club maksudnya yang di tunjuk tetap atau terlatih kebanyakan dadakan aja pakai baju petugas tanpa tau arti dan tanda tanda dijalan. sedikit pengenalan aja bro supaya yang belom tau jadi paham yang udah tahu bisa nambahin.mari kita berangkat dari sini, 

Ada 5 point utama dalam rombongan club
  1. Fore rider
  2. Leader
  3. Blocker
  4. Sweeper
  5. Group
1. Fore rider
kalau oang belanda bilang vojider... jadi betawi jadi poreder yaitu orang yang punya tugas berada paling depan dari rombongan yang berjarak paling dekat 20 meter dan paling jauh 50 metaran. kenapa gitu sih tugas fore rider adalah sebagai pembuka jalan pertama atau anggota rombongan yang pertama kali mengecek keberadaan jalan yang dilalui oleh rombongan. dan memberitahu kepada leader setiap ada sesuatu yang penting bila ada alat komunikasi atau pakai kode kode tertentu. 

2. Leader
Leader adalah orang yang bertugas memimpin rombongan saat berjalan beriringan. bisa jadi di ibarat kan induk nya anak bebek. semua kode kodenya wajib di lihat dan di beritahukan ke pada anggota lainnya. misal ada belokan ada jalan rusak. sampai jalan 1 beriringan atau 2 beriringan. 

3. Blocker
Blocker adalah orang yang bertugas di sisi luar barisan rombongan dan tentu saja ada beberapa blocker yang kita kenal : Blocker Kanan Depan , Blocker Kiri Depan, Blocker Kanan Belakang, Blocker Kiri Belakang semua bekerja sesuai funsi masing masing. 

4. Sweeper
Sweeper adalah petugas penutup rombongan saat sedang konfoi sehingga tidak ada yang tertinggal atau tercecer. juga sebagai pemberi tanda apa bila ada rombongan didepan pada pengendara jalan yang lain. posisi nya selalu paling belakang. biasanya banyak mengetahui mesin jadi kalau ada yang mogok bisa bantu betulin lah. 

5. Group
Jelas ini adalah rombongan nya yang lewat jalan seperti rombongan semut yang meluncur mengikuti kode kode dari leader. anggota group wajib mengikuti kode dari leader sehingga anggota lain di belakang tidak masuk lobang atau meleng ketika ada pemandangan aduhai. bisa berakibat fatal catatan :
pengaturan penggunaan guard ada kriterianya melihat kondisi jalan tujuan dan jumlah rombongan. 

Formasi dalam group riding:
1. Barisan motor membentuk dua baris, berkendara dalam lajur yang benar. Berkonvoi membutuhkan konsentrasi penuh dari semua partisipan. Berkonvoi tidak membebaskan satupun partisipan akan kewajiban mereka untuk melatih prediksi yang bagus dan tidak melimpahkannya kepada road captain. Setiap partisipan bertanggung jawab atas keselamatannya sendiri-sendiri !. Pengendara harus memperhatikan tanda-tanda dari road captain dan dari pengendara lain dan memberitahukan kepada yang lain hingga akhir grup.

2. Pemimpin perjalanan adalah road captain (disini disebut voor rider), berada paling depan barisan. Road captain harus bisa melihat seluruh motor dalam formasi dari spionnya, dan kendaraan lain yang didekati. Road captain harus menyadari panjang konvoinya, dan memperhitungkan jarak menyusul, pertigaan, dll, untuk keselamatan yang maksimal dan mempertahan kan konvoi selalu bersama. Dia harus memperhitungkan jarak dan waktu barisan (konvoi) untuk membelok, menyusul, dll. Semua petunjuk berasal dari road captain yang memutuskan untuk pindah lajur, berhenti isi bensin dan istirahat, menutup celah barisan, membelok, menerima/menolak pesan dari individual lain, dst. Tidak satupun inividual diperbolehkan bertindak sendiri tanpa arahan dari road captain kecuali diperintah. 

3. Motor ke dua ada di depan barisan kanan, dan berkendara kira-kira 1 detik dibelakang road captain. Lajur ini lebih aman karena jejak ban; di tengah kemungkinan ada tetesan oli ataupun benda lain, dan garis jalan bisa jadi licin, terutama ketika basah. 

4. Pengendara lain memposisikan diri mereka masing-masing 2 detik di belakang motor didepannya, yang berarti 1 detik dibelakang motor yang ada di diagonal (depan kiri/kanan). Formasi ini memberikan jarak aman, dan tidak membiarkan kendaraan lain untuk memotong barisan. Tidak boleh ada yang berkendara bersebelahan karena seluruh lajur milik masing-masing barisan (kanan & kiri bila 2 lajur). Sisakan jarak untuk bermanuver ketika keadaan darurat atau halangan jalan (jalan berlubang, dll). 

5. Pengendara baru dalam berkonvoi harus berada sedepan mungkin dan yang berpengalaman harus berada di belakang barisan. Pengendara yang berpangalaman lebih dapat menghandel situasi jalan. Yang kurang pengalaman harus berada didepan barisan dimana road captain bisa memperkirakan perkembangannya dan menyesuaikan tehnik berkendara bila diperlukan. Pengendara yang kurang pengalaman juga harus berada sedekat mungkin dengan garis tengah jalan dikarenakan posisi berkendara yang tidak membutuhkan keahlian ataupun pengalaman. Pengendara yang sama sekali tdk berpengalaman harus berkendara dulu dgn teman-teman mereka dan belajar dasar-dasar berkonvoi sebelum bergabung dengan formasi konvoi yang lebih panjang. 

6. Pengendara terakhir adalah Tail Gunner yang bisa berkendara dilajur mana saja; untuk berpindah lajur harus memperhatikan situasi saat itu. Tail gunner (kadang disebut Sweeper) bertindak sebagai mata dari road
captain, memperhatikan barisan/formasi, dan memberitahu road captain bila ada masalah pada konvoi. Tail gunner mengewasi kendaraan lain, dan memberitahu road captain (dan orang lain dgn radio) akan adanya kondisi yang membahayakan mendekat dari belakang, seperti kendaraan yang mencoba memotong barisan, truk menyusul dgn bahaya terpaan angin. Dia harus memperhatikan pertigaan/belokan, dan akan menuju ke pertigaan (atau tinggal di pertigaan yang baru saja ditinggal konvoi) untuk “menutup pintu” dari kendaraan lain yang mencoba bergabung kedlm konvoi. Atas permintaan road captain, Tail gunner berpindah lajur sebelum konvoi untuk mengamankan lajur yang akan dimasuki oleh konvoi.

Perpindahan lajur Seluruh perpindahan lajur bermula dari permintaan road captain kepada Tail gunner. Tail gunner akan pindah lajur (bila situasi sudah aman) ke lajur yang diminta dan menginformasikan kepada road captain bahwa lajur sudah aman/kosong. 

Pada situasi seperti ini road captain mempunyai 3 pilihan :
1. Simple Lane Change:
ini berpindah lajur biasa, dan dapat digunakan dlm situasi pada umumya. Setelah Tail gunner mengamankan lajur yang baru, road captain akan memberikan tanda petunjuk arah sebagai tanda bahwa ia akan memperintahkan pindah lajur. Setiap pengendara yang melihat tanda juga harus memberikan tanda, agar yang dibelakangnya dapat melihat tanda juga. Road captain kemudian mulai berpindah lajur. Seluruh pengendara juga. Yang PALING penting adalah tidak ada yang bergerak sebelum yang didepannya bergerak.
2. Block Lane Change:
ini dpt digunakan seperti simple lane change. Lebih membutuhkan usaha, tapi sebanding dgn usahanya. Cukup mengagumkan untuk dilihat, dan memberikan rasa “kebersamaan” kepada para pengendara. Kelihatannya agak rumit, tapi sebenarnya amat mudah untuk dilaksanaakan. Setelah Tail gunner mengamankan lajur baru, road captain akan memberikan tanda penunjuk jalan yang menandakan ia akan memerintahkan pindah lajur. Setiap pengendara yang melihat tanda juga harus memberikan tanda, agar yang dibelakangnya dapat melihat tanda juga. Road captain kemudian mengangkat tangan kirinya lurus keatas. Setiap pengendara juga mengikuti. Kemudian pada saat road captain menurunkan tangannya ke arah dia berpindah lajur, dia sebenarnya memulai perpindahan lajur. Seluruh pengendara lainnya menurunkan tangan pada saat yang bersamaan dan berpindah lajur pada saat yang bersamaan pula. Keadaan ini membuat seluruh konvoi pindah
dari lajur yang satu ke yang lain sebagai satu kesatuan.
3. Rear Fill-in:
ini kadang-kadang diperlukan jika di lajur baru jarak kosong tidak dapat dipertahan kan cukup lama. Setelah Tail gunner mengamankan lajur, road captain (biasanya atas saran tail gunner) akan memerintahkan konvoi untuk mengisi jarak yang ada dari belakang. Dia menandakan ini dgn memberi tanda dgn mengangkat tangannya setinggi pundak dan “mendorong” kearah lajur yang baru. Seluruh pengendara mengulang tanda juga, kemudian motor terakhir depan tail gunner pindah ke lajur baru, kemudian diikuti oleh motor yang didepannya, dan seterusnya hingga akhirnya road captain pindah ke depan kovoi di lajur yang baru.

 

0 comments: