IBX5A6A7EDC370A1

Anouncement

Site in dalam masa pembangunan ulang, agar memudahkan dan berguna bagi para shoguners.
Admin-Birkov


Mesin Ogah Hidup? Cek Dari Busi dan Koil





OTOMOTIFNET - Salah satu penyebab mesin mogok atau susah hidup saat kondisi dingin bisa dari sistem pengapian yang malfungsi atau tidak bekerja dengan baik.

“Karena bila sampai tidak ada percikan api sama sekali di ruang bakar atau apinya lemah karena ada kinerja komponen pengapian yang menurun, bisa dipastikan mesin bakal enggan atau susah hidup. Pengapian merupakan salah satu kunci kinerja motor bakar,” bilang Tommy Bramantya, technical support Hartomo Mechanical Training Center (HMTC) Depok, Jabar.

Nah untuk memastikannya, lanjut Tommy, bisa kok dicek bagian mana yang jadi penyebab tidak bekerja pengapian dengan baik. Mulai dari busi, koil, CDI, hingga sumber arusnya. Oh iya, sumber arus untuk sistem pengapian bisa dari sepul untuk motor bersistem pengapian AC, atau aki untuk motor bersistem pengapian DC.

Oke, kita mulai dari busi dulu ya. Sebelumnya cabut busi dari dudukannya di mesin, lalu pasang ke cop businya. Setelah itu putar kunci kontak ke posisi ‘Ignition’ dan tempelkan busi pada rangka terdekat atau blok mesin (gbr.1). Tapi ingat, tangannya jangan sampai memegang bagian busi yang terbuat dari logam, karena Anda nanti bisa kesetrum lo. Cukup pegang cop businya saja.

Selanjutnya coba sela kick starter atau bisa juga tekan tombol start sembari perhatikan ke arah busi. “Cek pecikan apinya. Bisa ketahuan kok kalau businya yang bermasalah (mau mati atau sudah mati). Yakni dilihat dari arah percikannya. Kalau menyamping atau tidak ada percikan sama sekali, tandanya busi mati,” terang pria jangkung murah senyum ini.

Sebaliknya bila arah percikan tetap ke batang elektroda, tapi loncatan api lemah atau kurang kuat (biasanya warna pecikannya merah), coba ambil busi baru lalu lakukan hal serupa. Kalau percikan apinya ternyata bagus, ada kemungkinan kinerja busi lama sudah mulai menurun lantaran usia pakai.

“Masa pakai ideal busi sekitar 10.000 km. Lebih dari itu sebaiknya segera diganti bila tidak ingin mesin bermasalah,” saran Tommy. Tapi jika ternyata percikan api pada busi baru masih saja lemah, coba periksa kemampuan loncatan api di kabel businya. Langkah ini untuk mengetahui apakah ada kemungkinan koilnya yang bermasalah.











Gbr 2 Gbr 3

Caranya, lepas busi dan cop busi dari kabelnya, lalu dekatkan ujung kabel busi ke permukaan rangka atau mesin yang mengandung massa kurang lebih sejauh 1–1,5 cm. Terus coba sela kick starter-nya lagi dan cek apa ada loncatan api atau tidak (gbr.2). Kalau masih belum ada loncatan apinya juga, agak dekatkan lagi ujung kabel busi ke massa di rangka atau mesin.

Dari sini akan ketahuan kalau loncatan api hanya mau ada kalau ujung kabel busi diposisikan lebih dekat ke massa, bukan tidak mungkin itu karena kinerja koil mulai lemah. “Untuk lebih memastikannya, periksa tahan koilnya pakai multitester (gbr.3),” saran Tommy. Mulai tahanan primer (antara kutub positif dengan kutub negatif koil) maupun sekundernya (kutup negatif koil dengan ujung kabel busi). Kabel dari CDI ke koil dalam keadaan dilepas ya.

Bila nilai tahanannya sesuai spesifikasi, tandanya koil masih bekerja baik dan kemungkinan yang bermasalah adalah komponen lain. Misal sambungan kabel kurang kencang atau ada kerak di konektor/soketnya dan sebagainya. Tapi bila tahanan koil di luar spesifikasi normal, bisa dipastikan koil tersebut rusak dan harus diganti baru.

Oh iya, untuk pemeriksaan tahan koil tersebut, Anda harus tau nilai tahanannya terlebih dulu. Misalnya pada Suzuki Satria FU tahan primer koilnya 0,3–0,5 Ohm. Sedang tahananya sekundernya 5 – 8 Ohm. Kalau di Honda Karisma atau Supra X 125 nilai tahan primernya 0,5 – 1 Ohm dan sebagainya.
Penulis : Dic | Editor : AZ | Foto : Andhika

14 komentar:

  1. Misi gan mohon bantuan nya, saya ganti niken as,klep,sepatu klep,sil klep, tpi motor ogah hidup penggapian normal

    BalasHapus
  2. Mau nanya nih gan .. Jadi gini, shogun 110 ane kaga ada api nya ya .. Padahal udah ganti cdi, kalo koil ama spul msh bagus .. Kontak ny jg ane tes langsungin di masukin baut tp tetap kaga ada api nya .. Kira" apa nya tuh ..

    BalasHapus
  3. Misi gan saya punya Shogun kebo Ga mau hidup udah di sela juga Ga mau di idupin dengan cara didorong pake gigi 3 idup tapi didorong terus menerus tapi kalo berhenti didorong langsung mati

    BalasHapus
  4. Misi gan saya punya Shogun kebo Ga mau hidup udah di sela juga Ga mau di idupin dengan cara didorong pake gigi 3 idup tapi didorong terus menerus tapi kalo berhenti didorong langsung mati

    BalasHapus
  5. MIsi gan , motor shogun 125 r tahun 2005 ane kehujanan terus nggak bisa nyala sama start tangan ane nggak connect mohon solusi ne

    BalasHapus
  6. Gan gue punya shogun 110 cc di selah gak mau hidup2 padahal pngapian ok posisi stelan klep ok ni kena pa gan?

    BalasHapus
  7. Kalau punya saya..hbis bubut semua sdah ke pasang.. Top gear nya udahh sesuai pengapian aman.. Busi baru.. Tapi ko masih ngga bisa nyala.

    BalasHapus
  8. Mau nanya gan,, ane punya sogun fd 110r,saat di panasin atau lagi jalan, pada saat mau di geber/si sentak gas nya tiba2 motor mau mati saat saya turunin gas nya dikit normal lagi kira2 apa nya ya gan,, mohon infonya dong

    BalasHapus
  9. Saya pux shogun sp thn 2007
    Yg saya mau tax kan tiba2 mesin mati, pd hal saya lg berkendara di jln, trs saya engkol gak bisa, engkolx keras. Mohon bantuanx.

    BalasHapus
  10. shogun gw mati mati terus gan..udah di ganti semua..apa di lem biru aja ya

    BalasHapus
  11. Suzuki klu bisa mengembangkan motor yang mudah dandannya Suzuki mantab 👍

    BalasHapus
  12. Gue pny shogun R 110,,, udah dicek semuanya dari coil, aki, busi, kiprok, cdi, bensin nya, olin nya, tetep aja gk mau jln mesin nya,,,padahal semuanya sparepart baru... Knp ya,,

    BalasHapus